Mengenai Saya

Foto saya
saya adalah nita yulia,saya berasal dari tanjung balai karimun,tapi saya sekarang lagi menempuh pendidikan di universitas riau,pada program studi pendidikan ppkn

Rabu, 17 November 2010


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas / Semester             : X/I
Pertemuan ke                : 1
Alokasi Waktu               : 2 x 45’

Standar Kompetensi :
1. Memahami hakikat bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Kompetensi Dasar
  - Mendeskripsikan hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya Negara.

Indikator
  • Mendeskripsikan pengertian bangsa
           Menguraikan unsur-unsur terbentuknya suatu bangsa
           Menjelaskan asal mula terjadinya Negara
           Menguraikan unsur-unsur terbentuknya suatu Negara

Tujuan Pembelajaran :

Siswa dapat mendeskripsikan pengertian bangsa dan menguraikan unsur-unsur
terbentuknya suatu negara
II. Materi Ajar (Materi Pokok) :
Hakikat bangsa dan unsur-unsur terbentuknya negara :
1.
Pengertian bangsa menurut beberapa ahli
2.
Unsur-unsur terbentuknya suatu bangsa
3.
Asal mula terjadinya Negara
4.
Unsur-unsur terbentuknya suatu Negara
III. Metode Pembelajaran : kooperatif teknik JIGSAW (Model Tim Ahli)

IV. Langkah-langkah Pembelajaran

A. Kegiatan Awal
Tanya jawab tentang pelajaran minggu yang lalu (review)

Menyampaikan pokok materi pembahasan hari ini
Menginformasikan kompetensi dasar yang ingin dicapai dalam pembelajaran.

B. Kegiatan Inti
1. Membagi siswa dalam kelompok-kelompok kecil @ 4 orang,

2. Guru menyampaikan tugas-tugas yang harus dikerjakan masing-masing anggotakelompok kooperatif, yang terdiri atas :
1 : Mendeskripsikan pengertian bangsa
2 : Menguraikan unsur-unsur terbentuknya bangsa
3 : Menjelaskan asal mula terjadinya negara
4 : Menguraikan unsure-unsur terbentuknya negara.
Jika jumlah siswa 40 orang, berarti terdapat 10 kelompok. Jadi terdapat
kelompok yang membahas materi sama.
3. Setelah selesai melakukan diskusi dalam kelompok kecil, setiap anggota kelompok mengambil undian tugas secara indivual yang telah disediakan oleh guru. Undian berisi materi-materi yang telah didiskusikan.
4. Siswa diminta menemui teman lain yang mempunyai tugas sama untuk membentuk kelompok baru dan mengerjakan tugas yang ia terima. Anggota kelompok baru tersebut kemungkinan besar terdiri atas siswa yang dalam kelompok kecil membahas materi berbeda. Jadi anggota kelompok baru jumlahnya lebih banyak dan berisi siswa dari kelompok yang membahas materi berbeda dan dinamakan kelompok ahli.
Kelompok Ahli 1: Mendeskripsikan pengertian bangsa
Kelompok Ahli II : Menguraikan unsur-unsur terbentuknya bangsa
2
Kelompok Ahli III : Menjelaskan asal mula terjadinya negara
Kelompok Ahli IV : Menguraikan unsur-unsur terbentuknya negara
Setiap anggota kelompok baru bertindak sebagai ahli yang harus mencatat, ikut
serta secara aktif memberikan informasi dan berdiskusi .
5. Kelompok ahli kembali berkumpul ke kelompok kooperatif semula, bertugas
memberikan informasi dari hasil diskusi kelompok ahli.
6. Meminta perwakilan kelompok kooperatif untuk mempresentasikan hasil diskusi
secara menyeluruh dalam diskusi kelas dan mengambil kesimpulan.
7. Guru memfasilitasi jika terdapat siswa atau kelompok yang mengalami kesulitan
dan memberikan klarifikasi jika terjadi kesalahan konsep.
C.
Kegiatan Penutup
Guru memberikan pelurusan agar tidak terjadi kesalahan konsep
Guru bersama siswa mengambil kesimpulan akhir sebagai penguatan
Guru melakukan postes secara lisan tentang materi yang dipelajari
Guru bersama siswa melakukan refleksi
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyerahkan laporan secara
tertulis dari hasil diskusi kelas pada pertemuan berikutnya
Guru menutup pelajaran dengan salam
VI.
Alat Dan Sumber Belajar
A.Alat :
- Kertas berisi undian
- OHP

B. Sumber :
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan Kelas X untuk SMA
- Buku Tata Negara untuk SMU Kelas 3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar